Fitur IDN Live, Hadirkan Konten Kreator Millenial dan Gen Z

Zaman digital dan pandemi, seolah saling mendukung. Pandemi di Indonesia yang diawali pada awal tahun 2020, mengajak kita untuk cepat adaptasi menggunakan kecanggihan teknologi. Munculnya fitur live streaming di berbagai aplikasi, membuat kita dapat asupan informasi atau hiburan layaknya bertemu langsung. Salah satunya adalah aplikasi seluler IDN App yang mempunyai fitur IDN Live.

Aplikasi seluler untuk membaca berita dan hiburan dari IDN yang menyediakan fitur live streaming. Streamer yang aku lihat, benar-benar baru. Mereka kreatif bikin topik untuk live streaming. 

live streaming dengan fitur IDN live di IDN app

Aku melihat ada lumayan banyak live streaming di aplikasi IDN. Ada topik kesehatan, e-sport, hiburan, beauty, lifestyle dan lainnya yang bisa dipilih di aplikasi. Aku sendiri memilih melihat topik tentang kesehatan dan lifestyle, saat sedang membuka aplikasi IDN.


Live Streaming

Live streaming ini ternyata berbeda dengan streaming. Streaming adalah suatu acara yang videonya dapat dinikmati berulang kali. Sedangkan, live streaming merupakan acara yang disiarkan secara langsung dan dinikmati saat itu juga. Setelah selesai, maka siarannya hilang karena hanya ada ketika live. Kita juga bisa berinteraksi layaknya secara real, biasanya interaksi dengan fitur chat saat live.

Begitu juga yang aku rasakan saat menikmati live streaming dari IDN Live. Kalau sedang membuka aplikasi IDN dan ada acara live streaming yang topiknya sedang aku butuhkan, InsyaAllah akan gabung. Lumayan untuk hiburan dan ada insight baru. 

Live Streaming menggunakan Fitur IDN Live di IDN App

Fitur ini dapat diakses ketika kita sudah mengunduh aplikasi IDN di Play store. Ada beberapa fitur yang disediakan aplikasi. Salah satu fiturnya adalah IDN Live. 

Pada bulan April 2022 ini, IDN meluncurkan program baru. IDN live streamer fund dengan menyediakan dana 50 miliar rupiah untuk para streamer. IDN berkomitmen untuk menjadi one stop content platform yang terdepan, bagi millennial dan gen Z di Indonesia. 

Pertama kali menikmati live streaming di IDN app adalah siaran Kak Alya Ermita. Aku tertarik dengan topik yang dibawakan tentang Tips Menabung. Aku sedang merasa butuh menabung, apalagi anak akan mulai bersekolah. Pasti butuh perencanaan keuangan, salah satunya dengan menabung. 

Begitu klik gambar Kak Alya Ermita yang muncul di fitur IDN live, aku langsung bergabung dalam siarannya. Eh, beberapa detik kemudian, aku disapa dan ditanya-tanya. Seru sih, mengikutinya dan sepertinya santai dalam membawakan streaming.

live streaming IDN Live di IDN App

Di lain kesempatan, aku melihat live streaming dari Kak Ricco Habil. Topiknya tentang Tips Kesehatan, Kardio Bareng.  Serunya lagi, Kak Ricco bagi-bagi hadiah, euy. Sayangnya, aku melewatkan momen ini. Tetapi, aku tetap disapa saat baru bergabung ke siaran langsung streamingnya. 

Btw, aku tidak mengenal Kak Alya Ermita atau Kak Ricco Habil sebelumnya. Tetapi adanya program live streaming itu, aku jadi bisa melihat profilnya. Wah, aplikasi IDN benar-benar memberi ruang untuk konten kreator Gen Z ataupun millenial untuk melakukan hal positif.


Para Streamer di IDN Live

Siapapun berpeluang menjadi streamer IDN live di aplikasi IDN lho. Apalagi buat teman-teman yang punya hobi atau keahlian untuk dibagikan ke orang lain, suka membuat konten bahkan terbiasa tampil di depan kamera. Dari tim IDN live tentu akan melakukan proses seleksi, setelah teman-teman mendaftar menjadi streamer. 

Cara Menjadi Streamer IDN Live

Teman-teman yang ingin mendaftar jadi streamer di fitur IDN live, caranya mudah. Bersumber dari IDN Times, dijelaskan langkah-langkah menjadi streamer, antara lain:

  1. Mengunduh IDN App di App Store atau Play Store.
  2. Mendaftar dan membuat akun baru.
  3. Masukkan data diri melalui Google form yang panduannya ada di situs IDN Times. 
  4. Tim IDN Live akan melakukan verifikasi dan mengaktifkan akun streamer yang lolos. 
  5. Tim IDN Live akan menghubungi lewat email. 
  6. Calon streamer akan diminta keluar dari aplikasi IDN sebentar, lalu masuk kembali.
  7. Bagian atas layar pada halaman Home akan muncul menu Live, klik menu tersebut.
  8. Setelah itu, klik menu (+) di bagian bawah layar.
  9. Saat muncul menu pilihan Live Streaming, maka akun berhasil diperbarui dan terdaftar sebagai streamer.
  10. Jika belum muncul, maka kita bisa menghubungi lewat email tim IDN Live.

Langkah-langkahnya cukup mudah kan? Apalagi, semuanya punya kesempatan untuk menjadi streamer dan mendapatkan penghasilan dari yang dijanjikan IDN.

Penutup

Cara mengakses untuk menonton atau menjadi streamer fitur IDN Live dari IDN App, bisa dipahami, kan? Teman-teman ingin segera mencoba? Silakan unduh dulu aplikasinya. Yuk, nikmati keseruan menonton live streaming! Siapa tahu, setelahnya bisa mendaftar jadi bagian dari streamer!


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Dapat dihubungi di april.safa@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Saya install aplikasi IDN app dan bisa tahu informasi terkini yang sedang terjadi. Bagus banget sih fitur streaming nya bisa melatih kita utk publik speaking

    BalasHapus
  2. Beragam sekali konten live streming di IDN Live yaa..
    Ini memperkaya konten dan kreatifitas para streamer yang tak terbatas. Tapi kalau judulnya IDN Live, gak bisa ditonton siaran ulangnya yaa..?

    BalasHapus
  3. Konten live streaming IDN beragam dan memuat info yang daging ya mb, jadi yang nonton pun dapat olusnya banyak

    BalasHapus
  4. ikut live streaming ini memang seru yaa. apalagi kalau streamernya pembawaannya asyik dan topiknya menarik. aku kemarin sempat ikutan juga live streaming di idn live ini yang membahas tentang diet dan jadinya kayak sharing gitu deh

    BalasHapus

Posting Komentar