Etika Blogwalking agar Ngeblog Semakin Hidup

Sewaktu mempunyai blog gratisan, saya suka kagum dengan suatu postingan yang mempunyai banyak kementar. Saya merasa tulisan tersebut relevan dan menarik banyak pembaca. Lalu, para pembaca mengapresiasi tulisan dengan meninggalkan jejak komentar. 

Setelah mengikuti suatu kelas blog, saya baru tahu bahwa aktivitas blog tidak cukup sampai di post dan share link tulisan. Kita bisa melakukan aktivitas tambahan lain untuk meningkatkan performa blog. Salah satu aktivitasnya dikenal dengan istilah blogwalking. 

Blogwalking atau jalan-jalan mengunjungi alamat blog lain memiliki manfaat untuk kita saat mengelola blog, lho. Blogwalking bukan hanya untuk blogger pemula seperti saya, tetapi banyak blogger professional yang masih konsisten melakukannya. Keren deh. Kita bahas lebih detail tentang blogwalking, yuk.

etika blogwalking untuk pemula agar blog semakin hidup

Sekilas tentang Blogwalking

Blogwalking merupakan suatu aktivitas ngeblog yang umum dilakukan oleh para blogger dengan suatu tujuan tertentu. Secara sedehana, blogwalking diartikan sebagai jalanjalan dari alamat blog satu ke blog lainnya. Biasanya digunakan untuk mengembangkan blog pribadi maupun menjalin relasi pada suatu komunitas blog.

InsyaAllah banyak komunitas yang mendukung adanya blogwalking. Biasanya dibuatkan jadwal tertentu untuk menaruh link artikel pada daftar blogwalking. Terkadang saya nyaman mengikuti blogwalking pada komunitas yang berisikan para perempuan. Mungkin karena kebanyakan tulisan saya seputar keseharian ibu rumah tangga. 

Beberapa komunitas tempat berkumpul para blogger perempuan, antara lain Joeragan Artikel, Ibu Ibu Doyan Nulis, Estrilook, dan Connecting Mama. Kalau komunitas lainnya yang pernah saya ikuti dalam aktivitas blogwalking adalah BRT Network, ISB Community, dan Bloggerhub.

Manfaat Blogwalking

Aktivitas blogwalking ini memberikan manfaat untuk para blogger yang melakukannya. Manfaat yang diperoleh dari aktivitas blogwalking, antara lain:

Mendapatkan ide dan pengetahuan baru

Dengan berkunjung ke tulisan blogger lainnya, menambah tabungan ide tulisan. Selain itu, pasti mendapatkan pengetahuan baru jika kita jarang atau belum pernah menuliskannya. 

Memperluas jejaring

Saling berkunjung dan memberikan komentar, memberikan peluang untuk saling mengenal. Saat melihat kita berkomentar atau berbalas keomentar, kadang ada yang klik profil dan mengikuti blog kita. Begitu juga, saat ada aturan di suatu komunitas untuk saling follow blog jika ikut daftar aktivitas blogwalking. 

manfaat aktivitas blogwalking yaitu bisa dapat ide baru

Mempelajari gaya penulisan

Saat blogwalking adalah membaca tulisan artikel di blog yang dikunjungi. Dari situ, kita bisa belajar mempelajari gaya tulisannya. Apalagi kalau berkunjung ke blog yang langganan juara, wih gelenggeleng. Masya Allah keren, gaya penulisannya dan ide yang dituliskan.

Membangun branding

Dengan melakukan blogwalking, nama blog kita jadi sedikit dikenal. Ya, setidaknya tahu bahwa kita seorang blogger yang pernah atau sering menuliskan suatu tema. Misal dikenal sebagai momblogger, travel blogger, techno blogger dan sebagainya. Perlu memperhatikan etika blogwalking agar branding blogger yang kita bangun juga positif.

Mendapatkan lalu lintas kunjungan

Salah satu tujuan dari blogwalking adalah meningkatkan traffic pengunjung. Hal itu akan mempengaruhi performa blog secara tidak langsung.

Manfaat lainnya, mungkin dapat kita rasakan seiring berjalannya aktivitas blogwalking. Saya merasa, kalau blog jadi lebih hidup.

Etika Blogwalking

Saat berencana mengikuti blogwalking, kita perlu tahu aturan atau etikanya dulu dong. Ibaratnya kita akan bepergian mengunjungi rumah seseorang, perlu memperhatikan adab atau etika. Tujuannya supaya samasama nyaman, karena kan melibatkan dua pihak antara pengunjung dan pemilik blog yang dikunjungi. Beberapa etika blogwalking yang perlu diperhatikan, antara lain:

komentar relevan dan membangun saat blogwalking

Membaca artikel dari awal sampai akhir

Berkunjung ke blog orang lain, sudah pasti salah satu tujuan utamanya adalah membaca artikel. Ada baiknya untuk membaca dan memahami dari awal tulisan hingga akhir. Selain itu, tetap stay di link artikel yang sedang dibaca minimal 3 menit. Hal itu akan berpengaruh pada performa blog.

Memberikan komentar yang relevan dan baik

Setelah membaca dan memahami tulisan di blog yang sedang dikunjungi, sebaiknya kita memberikan komentar bijak yang relevan dan baik. Misalnya tulisan tentang kejahatan siber, kita bisa memberikan komentar sesuai dengan artikel atau pengetahuan yang telah kita dapatkan dari narasumber literasi digital dan referensi lainnya. Jadi bukan hanya memberi komentar formalitas saja, seperti, “Nice info. Terima kasih tulisannya bermanfaat.”

Apabila kita merasa sedikit kurang sepaham dengan tulisan tersebut, sebisa mungkin untuk tidak memberikan komentar negatif. Boleh berbeda pendapat, tapi dalam menyampaikan komentar perlu dirangkai katanya agar tidak terkesan menjatuhkan. Komentar tertulis ibarat kita berbicara secara langsung, mungkin akan terasa menyakitkan jika komentarnya menjelek-jelekkan. 

Tidak meninggalkan link hidup

Jika kita ingin meninggalkan link hidup, letakkan pada kolom yang sudah disediakan pada identitas komentator. Biasanya berisikan nama, email dan link website. Di tempat itulah, seharusnya kita meletakkan link blog. Jika meninggalkan link hidup di kolom komentar, dapat merugikan blog yang kita kunjungi tersebut.

Amanah dalam menyelesaikan

Biasanya daftar peserta yang akan mengikuti blogwalking itu panjang, bisa sampai 30. Nah, ketika kita memutuskan untuk ikut blogwalking, maka harus amanah dan bertanggungjawab untuk menyelesaikan. Jika terpaksa terlambat menyelesaikan, sebaiknya tidak berlangsung lama hingga berbulan-bulan lamanya. 

Saya penah terlambat, blogwalking, rasanya seperti mempunyai hutang dan harus segera melunasi.Sehingga ketika memutuskan untuk blogwalking, saya akan berusaha menyelesaikan tepat waktu. Jika terlambat, tetap berusaha untuk melakukan blogwalking sesegera mungkin.

Kesimpulan

Menurut saya, blogwalking itu penting karena mendatangkan manfaat juga untuk blog terlhiat hidup. Tentu saja, harus tahu kapasitas diri agar berusaha menyelesaikan tepat waktu. Selain itu, hal yang menjadi reminder saya adalah melakukan etika blogwalking yang baik dan benar agar sama-sama nyaman saat blogwalking. Happy blogwalking, temanteman!

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan praktisi read aloud. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar