Smartphone Ekonomis untuk Hasil Konten yang Manis

Perkembangan internet dan infrastruktur teknologi yang semakin canggih, sudah menjadi kebutuhan seharihari. Sejak bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari, kita terikat dengan penggunaan teknologi dan informasi. Teknologi memiliki segi positif karena dapat menjadikan kehidupan lebih mudah dan memungkinkan, saat dulu terasa sulit.

Apalagi pasca pandemi yang sempat melanda beberapa tahun belakangan, kita semakin akrab dengan kemudahan teknologi. Hal itu membuat kita untuk berusaha cepat beradaptasi. 

Termasuk dalam hal pekerjaan dan skill yang dibutuhkan di masa depan. Tidak dipungkiri, era digital membawa perubahan dalam berbagai lini. Bekerja dalam dunia digital, cukup mendapat minat dari kalangan milenial. Salah satu pekerjaan yang hits dalam bidang dunia digital adalah konten kreator. 

smartphone ekonomis untuk konten kreator pemula budget terbatas

Tentang Konten Kreator

Konten kreator merupakan seseorang yang membuat konten bersifat edukatif atau menghibur untuk dikonsumsi oleh audiens. Biasanya menggunakan platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Tik Tok atau lainnya. 

Konten kreator bisa menjadi pekerjaan tetap maupun sampingan. Bisa dibilang, pekerjaan itu termasuk susah-susah gampang yaa. 

Sebab, proses membuat konten cukuplah panjang. Mulai dari mencari ide, riset hingga promosi kontennya. Dalam membuat konten juga mulai dari naskah, copy, pengambilan gambar atau video dan editing. Lumayan banyak kan. 

Pekerjaan konten kreator tidak bisa dipandang sebelah mata, karena hampir di berbagai sektor membutuhkan konten kreator yang profesional. 

Hal yang Perlu Dipersiapkan oleh Konten Kreator Pemula

Apakah blogger bisa dibilang konten kreator? Menurut saya, bisa juga iya. Blogger pemula semacam saya, masih harus banyak belajar dalam produksi konten, evaluasi dan belajar update hal yang menjadi fokus. 

Untuk menjadi konten kreator, memang perlu melakukan persiapan, supaya tidak hanya bersemangat di awal. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain:

Menjadi diri sendiri

Salah satu hal penting untuk menjadi konten kreator adalah menjadi diri sendiri. Setiap dari kita pasti punya keunikan dan kelebihan. Saat kita membagikan konten sesuai dengan karakter dan passion, maka kita akan menyenangi aktivitas membuat konten tersebut. 

Mulai membuat konten

Jika hanya sebatas ide saja, kita tidak akan pernah belajar dari pengalaman pertama. Saat merasa kesulitan, kita bisa mencari inspirasi dari creator lain. Namun, bukan berarti menjiplak karena kita harus punya ciri khas sendiri. 

Konsisten

Poin berikutnya adalah konsisten untuk membuat konten. Tidak ada proses yang instan, kita perlu menentukan jadwal untuk membantu konsistensi posting konten. Apalagi memulai sebagai konten kreator, kita baru akan membangun ketertarikan audiens pada konten yang sudah terposting. 

Up to date

Berkecimpung di dunia digital sebagai konten kreator, pasti harus up to date agar tidak tertinggal. Berkaitan dengan ilmu digital marketing atau tools yang membantu perkembangan konten. 

Kita bisa mencari tren yang sedang berkembang. Mungkin juga membahas hal yang sedang hangat diperbincangkan. Namun, tetap harus mempertimbangkan kesesuaian karakter diri dan passion yang digeluti. 

Promosikan konten

Setelah eksekusi membuat konten, saatnya membagikan pada orang lain. Kita perlu promosikan konten yang sudah dibuat. Itu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan personal branding. 

Peralatan yang Diperlukan oleh Konten Kreator

Dalam menghasilkan konten yang berkualitas, memang membutuhkan peralatan yang mendukung. Selain tools seperti software atau aplikasi, perlu perlengkapan penunjang lainnya. Contoh peralatan penunjang yang direkomendasikan adalah kamera atau smartphone, tripod, laptop atau PC, dan perlengkapan lighting. 

Apakah harus mempunyai peralatan itu secara lengkap? Iya, jika ada dana untuk membelinya. Namun, kita bisa memulai dari peralatan seadanya dulu, baru nanti bisa berproses melengkapi peralatan penunjang lainnya. Misalnya saja memulai menjadi konten kreator menggunakan smartphone dengan harga ekonomis tetapi hasilnya sudah cukup bagus untuk kreator pemula. 

Kita bisa memulai menjadi konten kreator dimulai dengan budget minimalis. Menggunakan smartphone ekonomis tapi hasil kontennya tetap manis. Asalkan mau menerapkan tips yang sudah saya bagikan di atas.

xiaomi redmi 10A smartphone ekonomis

Smartphone Ekonomis Xiaomi Redmi 10A

Nah, saya akan membagikan rekomendasi salah satu smartphone ekonomis untuk konten kreator pemula yang budgetnya terbatas nih. Smartphone dari Xiaomi yang launching pada bulan Mei 2022 lalu, yaitu Redmi 10A. 

Smartphone yang dibanderol dengan harga sekitar 1,5 juta. Walaupun harganya murah, Xiaomi tetap memberikan kualitas terbaik. Kenyamanan dalam menggunakannya seperti perangkat smartphone di atas harga 2 jutaan. 

Desain

Bodi Redmi 10A terasa cukup kokoh karena terbuat dari plastik polikarbonat. Bodi belakangnya terdapat tekstur bergaris dengan modul kamera dibuat besar berwarna hitam. Meskipun ekonomis, tapi tetap durable karena telah uji tes jatuh sebanyak 300 kali hingga tes beban 70 kilogram. Selain itu, masih menghadirkan sensor sidik jari, walaupun harganya terjangkau.

Performa

Redmi 10A menggunakan chipset MediaTek Helio G25 octa-core 12nm. Meskipun bukan yang terkencang di kelasnya, tapi performanya sedikit meningkat karena fitur ekstra yang dibawanya. Menggunakan jenis RAM LPDDR4X, cukup mumpuni untuk kebutuhan harian. Memiliki dokumen extend RAM, sehingga dapat meminjamkan kapasitas penyimpanan internal RAM virtual sebesar 1 GB.

Layar

Mempunyai layar sebesar 6,53 inci dengan teknologi LCD dan resolusi HD+. Kecerahannya tidak masalah dan mampu menampilkan konten dengan kualitas baik.

fitur kamera smartphone ekonomis redmi 10A

Kamera

Setup kamera belakang dilengkapi dengan satu sensor tambahan, bantu mengambil foto portrait dengan efek lebih akurat. Kamera Redmi 10A beresolusi 13MP f/2.2. Hasil fotonya bisa dibilang sesuai harga. 

Efek HDR cukup berfungsi di luar ruangan untuk atasi bagian yang over exposure. Kualitas foto indoor juga cukup halus. Tersemat kamera depan 5MP. Terdapat mode malam, professional dengan parameter manual sampai focus peaking.

Fitur

Hadir dengan dua pilihan memori, yaitu 32 GB dan 64 GB. Fitur ekstra pada Redmi 10A sudah cukup lengkap. Tampilan antarmukanya MIUI 12.5 berbasis Android 11, kita bisa memilih banyak tema sesuai selera. Sensor sidik jari pada bodi belakang cukup responsif dan mudah digunakan. 

Baterai

Kapasitas baterai redmi 10 A adalah 5000 mAh, tergolong awet dan aman digunakan seharian penuh dalam kondisi wajar. Spesifikasinya cenderng sederhana, mungkin baterai awet karena tidak terlalu banyak fitur yang diakses. Namun masih aman untuk digunakan akses beberapa aplikasi secara bersamaan.

Secara keseluruhan, penawaran yang diberikan oleh Redmi 10A tergolong pas. Baterainya awet, layar besar, performa dan kameranya cukup untuk penggunaan konten seharian. 

Penutup

Tidak ada alasan menunda menjadi konten kreator dengan dana terbatas. Hal yang paling penting adalah mau memulai prosesnya untuk menjadi profesional. Saat ini tersedia Xiaomi Redmi 10A sebagai smartphone ekonomis yang menunjang pembuatan konten dengan budget terbatas. 


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar