Tantangan One Day One Post Blogspedia Selama 15 Hari

Sewaktu melihat tantangan one day one post Blogspedia selama 15 hari, saya ragu bisa mengikuti. Melihat deretan tema tulisan yang menurut saya cukup menantang. Saya ulur waktu mengisi form pendaftaran, sambil terus menimbang keikutsertaan tantangan. 

Saya masih maju mundur dalam mengambil keputusan untuk mendaftar tantangan Blogspedia. Sebab, sudah lama banget tidak pernah melakukan satu hari menulis satu tulisan di blog. 

tantangan one day one post blogspedia

Dalam bayangan saya, tantangan ini kok berat banget sih. Apalagi kalau melihat syaratnya minimal 800 kata. Namun, kalau tidak mencoba, saya tidak akan pernah tahu kekuatan diri dalam menghadapi tantangan menulis Blogspedia. 

Hingga akhirnya dengan mengucap bismillah dan memantapkan diri, saya isi form di hari terakhir pendaftaran. Duh, untuk mendaftar tantangan pun, saya tetaplah jadi tim deadliner

Yaa walaupun sebetulnya tidak masalah sih, karena pendaftaran belum ditutup, kan. Setidaknya saya sudah memulai langkah awal dalam memulai perjalanan blogging yang lebih baik.

Perjalanan Mengikuti Tantangan Blogspedia

Setelah akhirnya mengisi form pendaftaran, saya membuat catatan sendiri tentang tema 1 hingga tema 15 di buku tulis. Dengan begitu, saya akan mempunyai pengingat dan bayangan hal-hal yang akan dituliskan nantinya. 

Setelah berhasil menaklukkan tantangan di hari pertama, rasanya tidak semenakutkan yang dipikirkan. Saya bisa menuliskan dengan lancar hingga tidak terasa lebih dari 800 kata. Alhamdulillah. 

Dua hari perjalanan tantangan Blogspedia berjalan lancar. Sekitar jam 9 malam sudah beres publish tulisan di blog, share di Instagram, submit di form pengumpulan tantangan, dan share ke media sosial lainnya. 

Sampai di hari ketiga tantangan, suami mengatakan bahwa rencana keberangkatan di negeri seberang selama sepekan akan dilakukan bersama temannya. Itu artinya, sekitar 8 hari terakhir tantangan Blogspedia saya akan melalui hari tanpa suami. 

tema harian challenge blogspedia

Duh, saya sempat meragukan kesanggupan diri untuk menyelesaikan tantangan Blogspedia sampai akhir. Membayangkan selama sepekan bersama anak saja, pastinya dia nempel dan minta perhatian penuh. 

Namun dengan bismillah, saya tetap bertekad untuk mampu menyelesaikan tantangan sampai hari ke-15. Menulis di 3 kota berbeda selama 15 hari, lumayan deg-degan. Karena selama ditinggal suami, saya sempat ke mertua dan orang tua. 

Ternyata, saya berhasil submit sampai setoran terakhir di hari ke-15. Alhamdulillah dengan izin Allah, saya sudah berhasil menaklukan 15 hari tantangan one day one post Blogspedia. Proud of me. 

Bagaimana rasanya berhasil menyelesaikan 15 hari tantangan menulis? Nano, nano rasanya, terseok-seok setiap mau submit di form pengumpulan. Buktinya, di 5 hari terakhir, saya selalu submit menjelang jam 23.59. Sampai deg-degan kalau sinyalnya timbul tenggelam. 

Ada rasa kelegaan berhasil menuntaskan dan mendobrak keraguan. Apalagi, ada tema yang belum pernah saya tuliskan di blog, seperti kuliner, transportasi, dan sustainability. Saya jadi banyak belajar hal yang menarik dan baru. 

Kunci Menyelesaikan Tantangan One Day One Post Blogspedia

Alhamdulillah saya merasakan banyak manfaat dengan mengikuti tantangan Blogspedia, meskipun harus terseok-seok. Saya jadi melatih diri agar bisa konsisten menulis setiap hari. Selain itu, saya merasa belajar membuat tulisan yang lebih deep, dengan minimal jumlah kata 800.

Ada beberapa hal yang saya pegang, sebagai kunci menyelesaikan tantangan one day one post Blogspedia selama 15 hari. Beberapa hal tersebut adalah

Niat

Niat adalah salah satu hal utama sebelum memulai segala sesuatu. Saya niat menyelesaikan tantangan Blogspedia karena tertarik untuk mendapatkan golden ticket Blogspedia coaching batch 4. 

Batch yang sebelumnya, saya belum berkesempatan ikut. Supaya bisa dapat golden ticket, maka saya meniatkan diri untuk komitmen menyelesaikan tantangan menulis dari hari ke-1 sampai hari ke-15. Alhamdulillah diberi kesempatan Allah Swt untuk melalui hingga akhir. 

pesan kesan mengikuti challenge menulis blog dari blogspedia

Cari referensi

Begitu tahu ada tema-tema yang masih asing dan belum pernah saya tuliskan, maka saya berusaha untuk mencari berbagai referensi. Dengan riset atau membaca berbagai referensi, membantu saya untuk menyusun bank ide. 

Dengan begitu, saya dapat lebih mudah menyusun kerangka tulisan yang akan saya buat. Alhamdulillah, itu cukup membantu saya untuk menentukan alur tulisan. 

Mulai menulis

Salah satu hambatan dalam menulis adalah terlalu lama berpikir untuk menuangkan paragraf pertama. Sok perfeksionis sehingga terjadi writer's block. Kunci agar tidak terhambat menulis dan dapat menyelesaikan tantangan one day one post ini adalah mulai menulis saja.

Langsung mulai menulis yang terlintas dalam kepala dari kerangka yang sudah dibuat. Baru setelahnya, melakukan self editing secukupnya. 

Minta pertolongan Allah Swt

Saya tidak akan mungkin bisa menyelesaikan tantangan dengan lancar, jika tanpa campur tangan dari Allah Swt. Kekuatan saya yang utama tentu dari pertolongan Allah. 

Tentunya saya memohon diberi kemudahan jika memang diizinkan untuk belajar mendalami blog melalui Blogspedia coaching batch 4. Salah satu jalannya, harus ikhtiar menyelesaikan tantangan one day one post selama 15 hari. Alhamdulillah Allah izinkan saya untuk menuntaskan hingga akhir. 

Mengatur waktu

Sebagai ibu rumah tangga, salah satu tantangan ngeblog adalah mengatur dan meluangkan waktu untuk menulis. Apalagi menulis beruntun selama 15 hari, wah harus ketat mengelola waktu. Melenceng sedikit dari waktu saja, bisa berakibat gugur karena terlambat submit di form pengumpulan link tulisan. 

Penutup

Adanya tantangan Blogspedia ini, memberikan saya manfaat dan banyak belajar tentang sebuah perjalanan menulis. Walaupun singkat, terasa berat dan lumayan menyita waktu untuk blogger pemula seperti saya.

Alhamdulillah, saya telah berhasil menuntaskan tantangan one day one post Blogspedia selama 15 hari. Semoga dengan tantangan ini, saya bisa mulai membangun kebiasaan menulis di blog dengan lebih baik lagi. 


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar