5 Cara Jitu Raih Peluang Cuan dari Menulis, Pemula Wajib Tahu!

Pernah dengar pepatah, asal ada kemauan, pasti ada jalan? Nah, begitu juga bagi yang ingin menambah pundi pundi rupiah hingga dollar di luar penghasilan utama. Saat ini banyak peluang pekerjaan  yang dapat dikerjakan tanpa berbatas waktu, asalkan ada kemauan.

Apalagi jika melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hobi. Pasti menyenangkan sekali.

Siapa nih yang mempunyai hobi menulis? Tahukah jika hobi tersebut bisa juga menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan lho!

raih peluang cuan dari menulis

Sekilas, menulis nampaknya hal lumrah yang semua orang bisa melakukan. Namun, jangan salah. Semua orang memang bisa menulis, tetapi tidak semuanya bisa menjadi penulis. 

Bagi sebagian orang, ada yang dapat menulis secara alami tanpa membutuhkan effort lebih. Namun, ada sebagian lainnya yang membutuhkan perjuangan besar dalam menulis untuk dapat menghasilkan tulisan yang berdampak. 

Menulis memang tidak semudah yang terlihat, tetapi sebetulnya juga tidak sesulit yang dibayangkan. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis sih?

Skill Utama yang Dibutuhkan Penulis

Ketika memutuskan menulis bukan sekadar hobi, maka ada skill yang sebaiknya dimiliki dan wajib dikembangkan. Berikut ini poin-poinnya.

Riset

Kemampuan riset dibutuhkan agar dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas. Ketika melakukan riset yang mendalam, akan dapat menghasilkan tulisan yang lebih informatif. Riset dapat dilakukan dengan membaca, melakukan wawancara atau survei. Riset perlu dilakukan dengan mencari sumber yang kredibel dan dapat dipercaya.

Creative thinking

Pernah mendengar konsep ATM dalam bisnis kreatif? Suatu proses amati tiru modifikasi yang dapat diterapkan juga dalam proses menulis. Setelah melakukan riset yang mendalam, maka creative thinking dibutuhkan untuk menghasilkan tulisan yang lebih bervariasi dan menarik.

Menyunting

Sebagai seorang penulis, perlu kepekaan dengan tulisan yang dibuat. Dengan melakukan proses sunting atau edit, secara tidak langsung akan melatih ketelitian dan menghasilkan tulisan yang dapat dipahami pembaca. 

Manajemen waktu

Salah satu skill wajib yang harus dimiliki penulis adalah manajemen waktu yang baik. Tujuan dari manajemen waktu yang baik adalah supaya dapat mencapai target dan efisien sesuai waktu yang ditetapkan. 

Biasanya penulis mempunyai deadline untuk mengumpulkan tulisan kepada klien atau editor. Butuh kemampuan mengelola waktu mulai dari pencarian ide hingga tulisan tayang atau terbit.

peluang penulis pemula mendapat penghasilan dengan disiplin waktu

Peluang Menulis yang Dapat Menghasilkan Cuan

Ada beragam peluang menulis yang dapat menjadi sarana mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa contoh peluangnya, antara lain:

Mengelola blog pribadi

Blog pribadi dapat menjadi sarana menghasilkan uang. Diawali dengan membuat blog, mengisi tulisan secara berkala, melakukan optimalisasi, dan monetisasi, dapat membuka peluang penghasilan. Mulai dari uang, produk atau berkesempatan mendapat panggilan untuk sharing ilmu kepenulisan.

Mengirim tulisan ke media online atau cetak

Saat ini, tersedia berbagai media online atau cetak yang memberi peluang penulis untuk mengirimkan tulisan. Jika tulisan yang dibuat telah memenuhi standar dan diterima, biasanya media akan memberikan reward sesuai ketentuan.

Mengikuti kompetisi menulis

Peluang penulis menjadi terbuka lebar jika mengikuti kompetisi menulis. Ketika memenangkan kompetisi, maka berpeluang mendapatkan hadiah atau uang. Sedangkan, jika kalah dalam kompetisi, penulis berpeluang mendapat pengalaman berharga sebagai batu loncatan untuk menghasilkan tulisan yang lebih berdampak.

Menerbitkan buku

Ada proses yang harus dilalui untuk dapat menerbitkan buku, apalagi jika terbit di penerbit mayor. Ketika berhasil menulis dan menerbitkan buku, saatnya melakukan promosi untuk semakin menambah peluang penghasilan yang lebih besar.

Membuka jasa penulisan konten

Ketika pengalaman dan ilmu sudah dirasa cukup, saatnya membuka jasa penulisan konten untuk mendapatkan penghasilan yang meyakinkan. Tersedia banyak platform kepenulisan yang membayar penulis dengan rupiah atau dollar.

konsisten berlatih menulis untuk mendapatkan cuan

5 Langkah Jitu untuk Penulis Pemula Meraih Peluang Cuan

Setelah membaca penjelasan di atas, ada hal hal yang perlu disiapkan agar menulis bukan sekadar hobi. Pasti ingin menjadi penulis yang bisa menangkap peluang penghasilan tambahan. Berikut ini adalah 5 langkah jitu penulis pemula agar mendaptkan cuan, antara lain:

1. Mulai menulis

Semua dimulai dari langkah pertama, begitu juga dengan menulis. Jika belum terbiasa menulis, maka harus berani memulai. Untuk mengawali, dapat melakukan free writing terlebih dahulu. Menulis bebas untuk melepas writing block alias kebuntuan menulis. Tujuannya agar dapat mengalirkan kata-kata menjadi tulisan yang layak baca.

2. Rajin membaca

Proses menulis ibarat menuang isi dalam teko. Membaca merupakan proses mengisi teko. Membaca adalah bagian dari riset.

Dengan membaca, sebagai penulis akan mendapat tambahan wawasan dan memperkaya kosa kata. Membaca bukan hanya dari buku teks, tetapi membaca keadaan juga dapat sebagai inspirasi suatu tulisan.

3. Konsisten berlatih

Practice makes perfect. Semakin berlatih menulis, maka semakin lancar menuangkan ide pikiran menjadi tulisan. Hal itu dapat menjadi sarana berlatih membuat tulisan yang runut dan dapat dipahami pembaca.

4. Investasi ilmu

Investasi bukan hanya uang, tetapi investasi ilmu seperti belajar, perlu dilakukan. Dengan investasi ilmu mengikuti kelas kepenulisan, dapat menambah insight baru untuk semakin mengembangkan keterampilan menulis.

5. Perluas relasi

Selain mengikuti kelas, penulis pemula juga perlu bergabung dalam komunitas untuk memperluas jaringan pertemanan. Dengan begitu, semangat penulis yang baru memulai akan tetap terjaga. Bonusnya, biasanya saling berbagi info tentang peluang mendapatkan penghasilan dari menulis. Menarik ya!

Kesimpulan

Jika memang memiliki hobi menulis, tidak perlu ragu untuk menjadikannya sebagai peluang penghasilan. Satu hal penting lainnya adalah konsisten.

Maka, akan ada peluang bermunculan yang menggiurkan bagi penulis pemula untuk dapat mendapatkan cuan dari tulisan. Apalagi, skill menulis sangat dapat dipelajari. Yuk, segera action dan selamat mencoba!

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Terimakasih cara jitunya kak. insyaallah akan saya coba terapkan. semangaaat!

    BalasHapus

Posting Komentar