Tadabur With Us! Eratkan Interaksi dengan Al Qur’an

Sampai detik ini, Allah izinkan menikmati bulan Rajab di tahun 2023. Kalau bukan karena takdir Allah, tidak mungkin bisa melewati beberapa tahun lalu yang luar biasa. Pandemi membuat kita beradaptasi dan banyak mengambil hikmah kehidupan. 

Awal tahun ini, banyak sekali postingan yang mengingatkan tentang resolusi. Apa kabar resolusi? Melanjutkan tahun lalu atau sudah berganti mencapai target baru? Bismillah, pasang sabuk semangatnya untuk tinggalkan rasa malas.

interaksi dengan alquran membaca mengahafal mendalami makna

Bulan Ramadhan pun seakan memanggil kita. Kalau menghitung mundur, hari hari terasa dekat untuk berjumpa di bulan penuh berkah tersebut. Sejauh mana diri kita merindukan bulan Ramadhan, tentu dari upaya persiapan untuk menyambutnya.

Apalagi kalau sudah jadi ibu yang melalui proses melahirkan dan menyusui, terkadang mempunyai tunggakan hutang. Iya, hutang puasa wajib yang sebaiknya dilunasi sebelum bertemu Ramadhan kembali. Sudah beres belum, ibu-ibuu?

Menyambut Bulan Ramadhan

Selain puasa, bulan Ramadhan identik dengan bulan keberkahan semua aktivitas dan ibadah. Setiap ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan, terasa istimewa. Mulai dari shalat wajib, shalat sunnah seperti tarawih, sedekah bahkan membaca Al Quran. Jika masih diberi kesempatan untuk mereguk nikmatnya Ramadhan, tentu kita perlu menyiapkan fisik, mental dan materi juga tidak kalah penting dong untuk sedekah. 

Kita perlu menyiapkan mental atau psikologis kita dalam menyambut bulan Ramadhan dengan menyimak kajian atau memperbanyak bacaan tentang persiapan Ramadhan. Kita bisa mencari ilmunya dengan membaca buku atau blog tentang spiritualitas. Dengan begitu, kita sudah siap mental untuk menyambut setiap amal kebaikan di bulan Ramadhan. Nggak mati gaya cari aktivitas saat berpuasa seharian penuh.

Begitu pula dengan fisik kita. Berpuasa selama 30 hari penuh, tentu akan membuat badan kaget jika tidak pernah melakukan pemanasan sebelumnya. Langsung lemes, bawaannya tidur terus. Jadinya sayang banget melewatkan momen keberkahan bulan puasa kan. 

Al Quran di Bulan Ramadhan

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan keterangan nyata yang menunjuk kepada kebenaran, membedakan antara yang haq dan bathil.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Ramadhan adalah bulan istimewa karena ada suatu malam yang diyakini sebagai peristiwa turunnya wahyu Allah. Terkadang ada teman-teman yang mempunyai target khusus saat bulan Ramadhan. Salah satunya adalah target interaksi dengan Al Qur’an. 

persiapan hati dan amal sebelum ramadan tiba

Interaksi dengan Al Quran

Interaksi dengan Al Quran sebetulnya, bukan hanya membaca saja ya. Kita bisa melakukan aktivitas atau interaksi lainnya. Coba kita bahas satu per satu ya, sambil aku belajar juga.  Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk berinteraksi dengan Al Quran, antara lain:

1. Menghafal dan mengulangi hafalan

Menghafal ini suatu tantangan jika tidak memiliki komitmen. Sebagai muslim, sebaiknya kita menambah hafalan supaya saat shalat wajib tidak membaca surat pendek yang itu itu saja. Ya, meskipun tidak masalah jika membaca surat pendek favorit. Namun, bukankah semakin bertambah umur, sebaiknya bertambah pula surat lain yang dihafal?

Saya pernah dengar bahwa menjaga hafalan itu lebih menantang daripada menghafal ayat baru. Saya merasakan itu. Sempat menghafal suatu surat tetapi tidak mengulang hafalan lagi, jadinya lupa euy. Padahal saat menghafalnya sungguh bersemangat sekali. Astaghfirullah. 

2. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran mendapatkan pahala, bagi yang mendengarkan juga insyaAllah berpahala. Membaca 1 huruf sudah bernilai 10 pahala, masyaAllah Allah maha baik. Bagi yang baru belajar pun, Allah beri kesempatan kita untuk meraih pahala juga. 

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi) 

3. Membaca terjemahan dan tafsir

Membaca tafsir ayat Al Quran ini salah satu pendukung dalam mentadaburi ayat. Secara sederhana, belajar tafsir adalah belajar makna ayat, menganalisis kata, huruf di dalam ayatnya. Mempelajari azbabun nuzul dan keterkaitan antar ayat.

4. Tadabur ayat

Tadabur bukan berhenti pada membaca terjemahan dan tafsir suatu ayat. Kita refleksikan ayat yang kita baca tersebut dengan kondisi yang dialami saat ini. 

keutamaan membaca alquran

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan untuk menjaga interaksi dengan Al Quran di bulan Ramadhan. Namun, kita bisa belajar spiritualitas seperti mempelajari Al Quran dan agama, sebaiknya bukan terbatas di bulan Ramadhan saja.

Tadabur With Us

Saya mengenal aktivitas tadabur saat pandemi. Ada challenge dari akun Instagram @thequranjournal.id. Dari situ, saya tertarik dan belajar tentang quran journaling. Challenge itu sukses membuatku menyenangi aktivitas tadabbur ayat. Apalagi saat challenge berlangsung, selalu ada pertemuan zoom tiap pekan. 

Sesi tadabbur kami tidak mandiri, ada penjelasan ayatnya dari mentor pengampu  @QACjakarta dan kami bisa bertanya atau menyampaikan insight hasil tadabbur. MasyaAllah momen itu semacam oase di padang yang gersang. Apalagi saat kasus pandemi sedang tinggi di tahun 2021. Challenge sekaligus kesempatan untuk semakin menyelami hikmah kehidupan yang menjadi garis takdir.

Di akhir challenge ada proyek menulisnya juga. Wah senang sekali, tulisan-tulisan kami dibukukan menjadi satu. Pursuit of Excellence menjadi topik besar buku antologi kami. Terdapat 10 ayat pilihan untuk sarana belajar dalam memahami dan menjalankan ketaatan karena Allah. 

tadabur with us cerita quran journaling mengenai ihsan

Identitas Buku

  • Judul: Tadabur With Us, Cerita Qur’an Journaling Mengenai Ihsan
  • Penulis: @thequranjournal.id, @QACjakarta, April Fatmasari dkk
  • Jumlah halaman: 373 halaman
  • Penerbit: Aryoko Indonesia Publisher
  • Terbit: Juli 2021
  • ISBN: 978-602-52675-8-1

Buku antologi ini bisa digunakan sebagai sarana refleksi harian. Membacanya sebagai bahan renungan personal dan teman perjalanan dalam berinteraksi dengan Al Quran. Yuk, ikut tadabur bersama kami.

Penutup

Ramadhan sebentar lagi berjumpa dengan kita. Sebagai muslim atau muslimah, tentu saja seharusnya kita bahagia berjumpa dengan bulan istimewa. Melakukan persiapan di bulan Ramadhan dengan komitmen dan melatih untuk eratkan interaksi Al Quran. Let's tadabbur with us! 


April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Begitu istimewa tentu dengan segala amal ibadah yang sebaik2nya dilakukan demi memperoleh ridha Allah SWT. Membaca Al Qur'an sebisa mungkin rutin ya mbak agar nambah pahala. Buku ini bermanfaat sekali dan memberikan semangat agar kita terus membacanya.

    BalasHapus
  2. Kalo ngajinya rame2 emang lebih enak ya jadi lebih semangat hehe
    Ikutan challenge gini menarik juga ya makin ke track tiap harinya. Semangat ngajinya ✨

    BalasHapus
  3. Bagus banget yaa program tadaburnya jadi lebih memahami ayat Qur'an dan menuliskannya, kalau ada lagi mau banget ikutan

    BalasHapus
  4. Masyaallah senang sekali bisa ikutan komunitas yg bermanfaat gini mbak. Bisa tadabur quran bareng dan belajar lgs dari pakarnya. Ya Allah aku kepengen euy

    BalasHapus
  5. Tak terasa bulan Ramadhan tinggal hitungan hari, semoga kita diberi umur panjang untuk bisa memasuki Ramadhan kembali.
    Terima kasih ilmunya dan sudah diingatkan tentang memahami, membaca dan tadabbur Quran semoga kita bisa mengamalkan dan kehidupan kita sehari-hari. Aamiin

    BalasHapus
  6. oh jadi tadarus itu maksudnya di praktekkan ya Mba? hehehe saya jadi nambah pengetahuan. semoga lancar ibadahnya ya Mba

    BalasHapus
  7. Wah mba aku juga ikutan kelas di the Quran Journal Indonesia. Kemarin kehabisan buku taddabur with us nya. Next mau beli deh hihi

    BalasHapus

Posting Komentar