Review E-book Blog to Profit

9 komentar

Setelah liburan awal tahun ini rasanya butuh memompa semangat ngeblog lagi. Anak liburan sekolah, eh saya juga libur ngedraft tulisan. Jadi untuk membuat tulisan di blog, harus mengumpulkan motivasi lagi nih. 

blog to profit dapat penghasilan dari blog

Menulis di blog ini, ditambah paksaan juga sih. Memaksa diri sendiri untuk berjuang melawan rasa malas atau berbagai alasan lainnya. Mengingat kembali juga, tujuan saya memutuskan untuk mengelola blog berdomain ini. Biasanya untuk ide tulisan di blog, saya mencari ide dengan blogwalking, membaca karya dari penulis buku dengan topik tertentu atau berdasarkan ide yang terlintas saja.

Sejauh ini, saya merasa enjoy mengisi tulisan-tulisan di blog walaupun tidak dibayar. Kalau dibayar insyaAllah lebih semangat lagi. Hihi. Semoga rezeki ngeblog di tahun ini lebih banyak dan berkah dari tahun sebelumnya. Saya doakan teman-teman juga seperti itu. Aamiin. 

Identitas E-book Blog to Profit

Sebagai seorang blogger, tentu mempunyai keinginan agar blog yang dikelola dapat menghasilkan profit. Ada berbagai cara untuk dapat mewujudkannya. Perlu belajar dari para mastah blogger dengan mengikuti kelas atau membaca buku referensi. Salah satunya adalah e-book Blog to Profit. 

Tiba-tiba ada seorang teman blogger yang mengirimi saya email. Memberi penawaran untuk review e-book karya miliknya. Wah saya merasa terharu mendapatkan tawaran itu. Jadi tambah semangat untuk melahap dan mengaplikasikan isi bukunya nih. 

Nah, saya intip sekilas e-booknya, terlihat menarik. Saya merasa e-book tersebut dapat memberi wawasan baru. Seperti apa? Mari kita kulik, yuk! 

  • Penulis: Purwanto
  • Ilustrasi: LasArtez
  • Tahun publikasi: September 2022
  • Jumlah halaman: 144 halaman

Covernya simple. Ada ilustrasi grafik peningkatan dan gambar kucing. Kucing sebagai ciri khas penulis yang mempunyai blog khusus dengan topik tersebut, yaitu fanicat.com. Menarik ya? Siapa nih yang pecinta kooceeng

review buku elektronik

Isi E-book

Jumlah halaman e-book, tidak terlalu banyak. Namun isinya padat dan materinya termasuk baru untuk saya yang masih pemula. E-book ini terdiri dari 9 bab pembahasan, ditambah halaman pengantar dan penutup. 

Karena e-book ini membahas tentang blog, pasti ada pembahasan teknisnya. Namun, nggak melulu tentang tutorial saja. Ada hal mendasar yang sebaiknya dilakukan seorang blogger dan dibahas di e-book tersebut. Apa saja isinya?

  • Bab 1: Mindset
  • Bab 2: Cara memilih niche blog
  • Bab 3: Riset keyword
  • Bab 4: Membuat dan menyiapkan blog
  • Bab 5: Monetasi blog dengan affiliate marketing
  • Bab 6: Konten
  • Bab 7: Copywriting untuk artikel komersial
  • Bab 8: Link building
  • Bab 9: Monetasi blog dengan sponsored post

Lihat dari judul tiap babnya, kita tidak langsung disuguhkan pada tutorial pembuatan blog kan. Diawali dengan mindset yang tepat sebelum memulai blog. Nyatanya, membangun sebuah blog tidak bisa bimsalabim. Penulis sudah pengalaman banget di bidang SEO dan blogging. Beliau menuliskan e-book berdasarkan pengalaman dari ilmu yang telah dipelajari.

review ebook blog to profit

Sekilas dari Isi E-book

Sebelum memulai segala sesuatu, kita harus mempunyai niat kuat, tujuan dan mindset yang tepat. Ada pembahasan mindset yang dituliskan pada bab satu, salah satu hal penting agar langkah ngeblog lebih terarah. Apa saja mindset ala penulis?

Ngeblog dengan tujuan uang, idealkah?

Blog boleh kita jadikan sarana mencari uang dengan mengusahakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat juga. InsyaAllah tujuannya mulia dan sangat ideal, jika cara dan proses menghasilkan uang dari blog adalah halal dan thoyyib.

Berpikir seperti bisnis

Saat memutuskan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, sebaiknya aktivitas ngeblog bukan hanya sebagai hobi. Namun, saatnya menjalankan prinsip bisnis yang dapat diterapkan pada blog. 

Bagaimana menyisihkan waktu

Memanfaatkan waktu di antara kesibukan lain untuk aktivitas ngeblog. Kita yang paling memahami waktu efektif untuk mengelola blog. 

Tidak perlu merasa tersaingi dengan blogger lain karena aktivitas blogging bukanlah perlombaan. Namun, sebaiknya memiliki target yang disesuaikan kemampuan diri dan terus belajar mengelola waktu. Aktivitas blogging pun tetap menyenangkan dan bukan sumber stres tambahan.

Kendala internal dan eksternal

Selain kendala eksternal seperti keterbatasan waktu dan perlu disiasati dengan pengelolaan waktu, biasanya ada kendala dari internal juga. Contohnya tidak pede dengan tulisan sendiri atau tidak fokus pada pertumbuhan blog. Padahal kita hanya butuh menguatkan niat dan usaha agar hasilnya dapat dipetik pada suatu waktu nanti.

Strategi monetasi blog

Jika memang memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, maka perlu memikirkan strategi monetasinya. Ada banyak cara monetasi blog. Beberapa cara monetasi yang disarankan adalah affiliate marketing, sponsored post dan ads. 

Baru membaca bab pertama saja, sudah membuka cara pandang dan berpikir tentang menghasilkan profit dari blog. Bab selanjutnya lebih daging lagi untuk blogger pemula macam saya.

Kesan Setelah Membaca E-book

Alhamdulillah diberikan kesempatan untuk review e-book yang penuh manfaat. Saya dapat banyak insight menarik yang secara detail dijelaskan di e-book. Apalagi terkait riset keyword, konten, copywriting dan lainnya. 

Saya berasa punya kamus secara teknis tentang aktivitas ngeblog yang dapat menghasilkan profit. Saat saya baca sampai halaman terakhir belum menemukan typo, mungkin beliau sudah mahir self editing atau mungkin memakai jasa editor freelance.

Setelah membaca e-book, tinggal sering dipraktikkan nih, agar ada peningkatan di blog ini. Untuk teman-teman yang mau baca e-booknya, bisa langsung ke pembarep.com yaa.

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. Ini berarti isinya semi2 ada SEOnya juga ya? Keren nih bukunya bisa buat tutorial temen2 yg baru mulai ngeblog. Aku rasa blogging tiap org tujuannya beda2 dan itu sah2 aja. Mau untuk sekadar hobi atau ditekuni secara profesional 😁✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ada SEOnya karena targetnya nyari trafik dari google, tapi SEOnya gak njelimet

      Hapus
  2. Terima kasih banyak mbak review nya :)

    BalasHapus
  3. Buku keren nih buat yang pengen belajar jadi blogger, membuat blog kita lebih bermanfaat dan menghasilkan uang

    BalasHapus
  4. wah sepertinya aku perlu baca ebook-nya juga Mba buat nambah insight. aku tertarik sama poin melihat blog dari segi bisnis, kalo ditelatenin bisa ke mana-mana :D aku sendiri masih kurang konsisten updatenya nih :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak, kontak saya nanti saya kasih harga diskon khusus bulan februari

      Hapus
  5. Bukunya bergizi ya pembahasannya sangat dibutuhkan blogger yang ingin menambah penghasilan dari ngeblog, jadi pengen baca e booknya..

    BalasHapus
  6. Pas banget buat bloger pemula yang pengen tulisannya menghasilkan profit. Coba aku rekomendasikan ke teman yang juga pengen mulai menghasilkan profit buat blognya deh

    BalasHapus
  7. Jadi pengen beli bukunya deh menbah ilmu di dunia blog nih.. banyak info2 yang menarik.. makasi Mba ulasannya

    BalasHapus

Posting Komentar