Resep Minuman Penjaga Imun dengan Yummy

Badan menunjukkan gejala sedang tidak sehat dalam beberapa hari yang lalu. Terasa lemas dan tenggorokan tidak enak. Tapi masih merasa bisa beraktivitas seperti biasa sampai siang hari. Ternyata setelah shalat dhuhur, aku ukur suhu tubuh sekitar 39 derajat. Rasanya sudah mendidih. Alhamdulillah, punya suami jaga yang sigap. Langsung pulang kerja dan bantuin anak tidur. Jadi agak bisa rebahan.

Aku tinggal dengan mertua tapi kenapa diam-diam kalau sakit? Hehe, sungkan, masa mertua ngelayanin. Apalagi musim pandemi kayak gini, pikirannya sudah kemana-mana. Semoga ini demam dan batuk pilek biasa.

Hal yang Dilakukan Saat Bergejala Sakit

Dari pengalaman itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat kondisi badan sakit, apa saja?

1. Komunikasikan dengan anggota keluarga lain

Bagaimanapun tetap harus mengomunikasikan dengan keluarga saat sakit. Dan harus berani menyampaikan pendapat, hal apa yang harus dilakukan. Rasanya, perlu berlatih lagi komunikasi produktif. Apakah perlu mengubungi tenaga medis atau tidak.

2. Makan sehat

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi fisik maupun jiwa. Asupan nutrisi perut penting dengan makan sehat. Supaya badan lebih cepat pemulihan. Makan saat sakit, rasanya bagaimana? Pahit sih, tapi mau bagaimana lagi. Daripada tidak ada makanan yang masuk, malah drop bertambah-tambah.

3. Kurangi gawai

Memang gawai itu melenakan. Teknologi yang sangat membantu, tapi di satu sisi, cepat membuat lelah. Jika memang dirasa badan tak nyaman, batasi penggunaan gawai. Membuka hanya untuk hal yang penting dan mendesak. 

4. Asupan minuman penjaga imun

Ada banyak minuman penjaga imun yang dijual di pasaran. Kalau mau minum obat keluaran medis, bisa dikonsultasikan. Begitu juga saat minum minuman herbal. Saat ini banyak rekomendasi probiotik, madu dan lainnya. Tapi bisa juga kok, membuat minuman sendiri di rumah. Praktis dan hemat.

Eh, apa bahan minumannya dari herbal? Iya, seingatku macamnya banyak, kalau ibu dulu membuat saat aku masih single. Browsing sana-sini, memilih resep minuman yang membuat badan nyaman. Sambil melirik persediaan bahan yang aku miliki saat itu. Eh, alhamdulillah ada yang merekomendasikan aplikasi Yummy. Aplikasi yang memiliki ragam fitur menarik dalam menyajikan resep.

Apa itu aplikasi Yummy?

Yummy adalah aplikasi resep masakan, minuman maupun camilan, oleh IDN Media. Aplikasi yang realase pada tanggal 8 Mei 2020 ini mengusung kuliner Indonesia agar dimasak dengan 5 langkah praktis. Wah, menarik sekali untuk ibu rumah tangga dengan kemampuan memasak pas-pasan sepertiku. 

Yummy app version 2.13.0 bisa diakses secara gratis. Resep memasaknya anti gagal karena dimasak dan dikurasi oleh Chef handal. Warna tampilan dominan oranye membuat betah eksplorasi aplikasi di pagi hingga sore hari. Kalau mengakses di malam hari, warna berubah menjadi dominan ungu. Hm, menenangkan saat mencari-cari resepnya.

Bagaimana Fitur Aplikasi Yummy?

Mari kita jelajahi, fitur apa saja yang ada di aplikasi Yummy? Berikut detailnya:

Home

Beranda aplikasi ini, biasanya meminta daftar jika membuka pertama kali. Aku gunakan daftar dengan Google. Di beranda biasanya muncul box tulisan Resep Sehat di Masa Pandemi. Terdapat pilihan resep penjaga imunitas dan resep jualan. Di beranda ada beberapa tulisan utama seperti Menu Tranding, Event & Promosi, Akun Official, Jelajah Kuliner Nusantara, Resep Ide Jualan dijamin Laku, Masakan Jawa Timur, Uenak Pol dan Rekomendasi.

Tulis resep

Fitur menulis resep untuk disimpan atau diupload. Sudah disediakan kolom-kolom, tinggal diisi, seperti judul, cerita, bahan utama, cara memasak dan foto.

Masak

Salah satu fitur yang menarik menurutku. Di fitur ini, kita dapat memilih beberapa bahan yang ada di rumah, lalu akan mendapat rekomendasi suatu jenis resep  masakan atau minuman. Contohnya tadi, aku mencari resep minuman dengan beberapa bahan di rumah.

Notifikasi

Yummy memberikan rekomendasi resep harian. Seru ya, buat pemula sepertiku, jadi ada rencana memasak harian.

Akun

Fitur yang berisikan data akun pribadi. Ada pengaturan aku  mulai dari nama lengkap, nomer handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, lokasi. Di fitur akun, juga ada kolom resep yang sudah ditulis, apakah disetujui, ditinjau atau direvisi. Selain itu bisa mengecek resep favorit. Ada keterangan redeem poin juga lho, berarti bisa dapat cuan nih. 

Apa Keunggulan Aplikasi Yummy?

Fitur masak menjadi salah satu nilai plus menurutku. Karena hal yang dicari bukan hanya nama resep saja, tapi pilihan nama bahan bisa dijadikan sebagai indikator rekomendasi resep. Selain itu, seperti yang aku deskripsikan di awal bahwa aplikasi ini mengedepankan praktis memasak. 

Tutorial memasaknya konsisten menerapkan 5 langkah saja. Jadi ingin mengulik-ulik banyak resep nih karena sepertinya mudah semua. Hehe. Tinggal siapkan bahan dan niatnya.  Apalagi jika mau memanfaatkan hobi menulis dalam hal resep ke aplikasi Yummy, ternyata bisa dapat cuan. Wow, mantap.

Apa Hal yang Perlu Ditingkatkan?

Secara keseluruhan, aplikasinya penuh manfaat dan sangat membantu proses memasak. Memasak jadi mudah karena mencari resepnya sangat praktis. Secara tampilan, aplikasi Yummy sangat fresh, membuat semangat untuk menjelajah resep. Ketika kita sudah terbiasa menggunakan, kita akan hapal dan bisa fokus memilih kategori di beranda, karena cukup banyak pilihan yang ditampilkan. Jangan sampai tersesat di aplikasi Yummy, ya! Hehe.

Bagaimana Pengalaman Re-cook Resep Teh Jahe Serai?

Mudah sekali re-cook resep dari Dapur Panda. Aku modifikasi menggunakan bahan yang di rumah. Langkah-langkah disertai gambar yang jelas. Aku mencari resep minuman penjaga imun. Jika di resep tidak menggunakan serbuk teh, aku menggunakannya dan jahe tidak dibakar. 

Berikut Resep Teh Jahe Serai ala April

Bahan:

- 1 ruas jahe

- 1 batang serai

- sejumput serbuk teh

- madu secukupnya

Cara Memasak:

1. Geprek jahe dan serai.

2. Didihkan air dengan memasukan jahe dan serai.

3. Saat air mendidih, masukkan serbuk teh.

4. Jika sudah berubah warna, matikan kompor dan saring teh ke cangkir.

5. Jika ingin manis, tambahkan madu dan sajikan selagi hangat. 

Ampuhnya Jahe Sebagai Minuman Surga

"Di dalam surga itu, mereka diberi minuman segelas yang campurannya adalah jahe." (QS. Al Insan ayat 17).

Ternyata, sebutan jahe bukan hanya penjaga imun. Jahe juga disebut sebagai salah satu minuman di surga di dalam ayat Al-Qur'an. MasyaAllah, Allah sendiri sudah menjamin minuman kaya khasiat itu. Dalam buku digital Khasiat Jahe dengan penulis redaksi Trubus  yang aku baca di Ipusnas, dijelaskan berbagai macam manfaatnya. Apa saja? Seperti menghangatkan tubuh, menghilangkan selulit, antikolesterol dan melancarkan pencernaan. 

Kesimpulan

Alhamdulillah, dari satu bahan yang dicari dengan rekomendasi aplikasi Yummy, bisa mendapatkan banyak manfaat. Sepertinya eksplorasi aplikasi Yummy membuat ketagihan. Hehe. Gambar resep-resepnya menarik, tahapan memasaknya juga simpel dan mudah dipraktikkan. 

Yuk, segera coba aplikasinya! Mau coba resep penjaga imun juga? Atau resep lainnya? Langsung saja, download dan instal aplikasinya ya! Bagi pengalaman teman-teman juga, bagi yang sudah mencoba dong. 

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Wah, udah nyoba resep menjaga imun tubuh ya Mbak. Saya baru nyoba resep camilan nih. Memang banyak banget rekomendasi resepnya. Jadi penasaran, pengen nyoba yg lain, tapi yang gampang aja lhooo...

    BalasHapus
  2. aku juga suka membuat minuman jahe. biasanya kulakukan di malam hari kalau badan sudah mulai terasa capek dan meriang. ternyata bisa juga untuk menjaga imun ya.

    BalasHapus
  3. Aplikasi yummy ini memang mempermudah Kita buat pinter masak ya kak.. suka deh

    BalasHapus

Posting Komentar